Biologi sebagai ilmu pengetahuan, memiliki
beberapa objek kajian yang meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan
mikroorganisme, baik yang terlihat oleh mata telanjang maupun dengan bantuan
alat (Mikroskop). Tingkatan organisasi dalam kehidupan yaitu:
1.Molekul
Beberapa
molekul yang dikaji pada ilmu biologi yaitu protein, karbohidrat, lipid (lemak),
dan asam nukleat.
2. Sel
Kesatuan struktur dan
fungsional terkecil dari mahkluk hidup. Cakupannya membran plasma, organel dan inti, termasuk sel pada
organisme uniseluler dan multiseluler.
3. Jaringan
Kumpulan sel yang sejenis,
memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi sel yang sama. Pada tumbuhan jaringannya ada
jaringan parenkim, penguat, pengangkut, pelindung. Sedangkan pada hewan ada jaringan epitel, otot, saraf, dan
ikat.
4. Organ
Kumpulan dari berbagai jaringan
yang berbeda yang membentuk sebuah struktur dan berfungsi untuk mendukung
sistem tertentu. contohnya adalah jantung, paru-paru, mata, dsb.
5. Sistem organ
Kumpulan organ-organ yang
menjalankan sistem tertentu.
Sistem organ yang dapat dijumpai pada manusia adalah sistem
pencernaan, sistem peredaran darah, sistem koordinasi, sistem ekskresi, sistem
reproduksi, sistem gerak, sistem pernafasan, sistem kekebalan tubuh.
6. Individu/organisme
Unit tunggal organisme yang
berada di lingkungan meliputi mahkluk hidup uniseluler atau multiseluler yang
terdiri dari kumpulan berbagai sistem organ.
7. Populasi
Kumpulan individu sejenis. pada
istilah ini tidak akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi ataupun ada
interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.
8. Komunitas
Kumpulan berbagai macam
individu pada suatu area. Areanya bisa sawah, sungai, danau, laut dsb. Jadi
jika ada kata kunci lokasi di dalam lingkungan merupakan indikator yang mengacu
pada istilah komunitas. pada istilah ini akan ada kata kunci yang menyebutkan
lokasi dan tidak ada istilah interaksi baik antar biotik maupun dengan
abiotiknya.
9. Ekosistem
Interaksi yang terjadi di dalam
lingkungan, baik itu interaksi: antar faktor biotik, antar faktor abiotik
ataupun antar faktor biotik dan
abiotik.
10. Bioma
Suatu areal lingkungan yang
luas dengan tumbuhan dominan tertentu. diantaranya adalah
1.
Bioma hutan hujan tropis..
2.
Bioma gurun.
3.
Bioma tundra
4.
Bioma taiga
5.
Bioma Savana
6.
Bioma Stepa
Selain itu karena Biologi
merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi,
biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu
biologi antara lain :
1. Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan
2. Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
3. Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
4. Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang
bagian-bagian tubuh
5. Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
6. Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
7. Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
8. Mikologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
9. Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam
jangka panjang.
10. Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
11. Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat
genetic
12. Ekologi, ilmu yang mempelajari
tentang hubungan timbal balik/interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
13. Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
14. Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
15. Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska
16. Terratologi adalah cabang ilmu
biologi yang mempelajari kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan
17. Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
18. Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
19. Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
20. Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang perairan air tawar
21. Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
22. Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
23. Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
24. Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
25. Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
26. Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
27. Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar
organism
28. Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
29. Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus
Contoh
soal:
1. Kumpulan
beberapa organ yang memiliki fungsi dan tugas saling berkaitan dinamakan ….
A.
jaringan B. individu
B.
populasi D. sistem
organ
E. komunitas
Pembahasan:
Organ-organ saling berkaitan dan memiliki fungsi, hal tersebut disebut dengan
sistem organ
2. Sekumpulan siswa sedang
melakukan pengamatan burung. Cabang Biologi yang berperan adalah ….
A.
Ornitologi B. Bakteriologi
C.
Zoologi D.
Virologi
E. Mikrobiologi
Pembahasan: Cabang biologi
ornitologi mempelajari mengenai burung
3. Kumpulan
semut di rumah Andi memiliki seekor ratu. Seekor ratu semut tersebut disebut ….
A.
populasi B. komunitas
C.
individu D. ekosistem
E. satu populasi
Pembahasan: Semut-semut
merupakan suatu populasi, seekor ratu adalah individu.
4. Hutan di Indonesia, merupakan salah satu bioma yang
khas, yaitu bioma ….
A.
tundra B. hutan
hujan tropis
C. padang
rumput D. gurun
E. taiga
Pembahasan: Bioma ada 6 yaitu: 1. Bioma hutan hujan tropis..
2.
Bioma gurun.
3.
Bioma tundra
4.
Bioma taiga
5.
Bioma Savana
6.
Bioma Stepa
5. Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi
kehidupan tingkat ….
A.
sel B. jaringan
C.
organ D.
organel
E. sistem organ
Pembahasan:
Tingkat sel mempelajari amoeba sebagai salah satu organisasi kehidupan
6.
Berikut adalah urutan dalam kerja ilmiah :
1) Eksperimen
2) Merumuskan
masalah
3) Mengajukan
hipotesis
4) Observasi
5) Kesimpulan
Urutan kerja ilmiah yang benar
adalah ….
A. 1
– 2 – 3 – 4 - 5
B. 2
– 1 – 3 – 4 - 5
C. 3
– 4 – 2 – 1 - 5
D. 4
– 2 – 3 – 1 – 5
E. 4
– 3 – 2 – 1 – 5
Pembahasan:
Observasi – merumuskan masalah – mengajukan hipotesis – eksperimen – kesimpulan
merupakan urutan kerja ilmiah yang paling tepat
7.
Penggunaan ilmu biologi dalam teknologi
cloning merupakan permasalahan biologi yang dikaji pada kelompok ….
A. Genetika
B. Tingkah
laku
C. Evolusi
D. Sejarah
E. Keanekaragaman
makhluk hidup
Pembahasan:
Rekayasa genetika merupakan kelompok pembelajaran yang mempelajari penggunaan
bioteknologi seperti cloning.
8.
Seorang dokter melakukan transplantasi
ginjal pada penderita gagal ginjal. Ginjal dipelajari dalam organisasi
kehidupan ditingkat…
A. Sel
B. Organ
C. Jaringan
D. Sistem
organ
E. Individu
Pembahasan:
Organ merupakan tingkat permasalahan biologi yang membahas organ-organ seperti
pankreas, ginjal, hati, dan lainnya.
9. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor dapat
memicu terjadinya pemanasan global. Pemanasan global merupakan permasalahan
biologi ditingkat…
A. Individu
B. Populasi
C. Komunitas
D. Ekosistem
E. Biosfer
Pembahasan:
Biosfer merupakan tingkat permasalahan biologi yang membahas pemanasan global.
10. Perhatikan hierarki organisasi makhluk hidup
berikut !
1. komunitas
2. individu
3. populasi
4. ekosistem
5. bioma
Urutan
hirarki organisasi makhluk hidup dari tingkat paling rendah ketingkat yang
paling tinggi adalah…
A. 2 – 1 – 3
– 5 – 4
B. 2
– 3 – 1 – 4 – 5
C. 2 –
3 – 5 – 4 – 1
D. 2 – 4 – 3
– 5 – 1
E. 3 –
2 – 1 – 4 – 5
Pembahasan:
Ururtan hierarki yang benar adalah individu – populasi – komunitas – ekosistem
- bioma
11. Ilmu apa yang mempelajari tentang penularan penyakit?
A. Entomologi
B. Endokrinologi
C.
Epidemiologi
D. Fisiologi
E. Farmakologi
Pembahasan : Entomologi : Ilmu yang mempelajari tentang
serangga.
Endokrinologi : Ilmu yang mempelajari tentang hormon.
Fisiologi : Ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja)
organ tubuh.
Farmakologi : Ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan.
12. Berikut ini merupakan ciri-ciri umum protozoa, kecuali...
A. Uniseluler
B. Reproduksi seksual
C. Reproduksi aseksual
D. Habitatnya di tempat kering
E. Dapat membuat kista
Pembahasan : Protista dapat hidup di tempat
yang basah/berair.
13. Penyakit AIDS ditimbulkan oleh virus ....
A. Herpesviridae
B. Adenoviridae
C. Caliciviridae
D. Myxoviridae
E. Retroviridae
Pembahasan : Herpesviridae : menginfeksi mulut dan kelamin
Adenoviridae : menginfeksi usus dan alat pernapasan
Caliciviridae : Hepatitis D
Myxoviridae : Influenza
14. Bagaimana urutan yang betul dari sistem binominal
nomenclature?
A. Kelas – Ordo
B. Ordo – Species
C. Famili – Genus
D. Genus – Famili
E. Genus – Species
Pembahasan
: Sistem binominal nomenclature dimulai dengan kata depan nya yaitu nama marga
(genus) lalu kata belakangnya merupakan nama penunjuk spesies (species
epithet).
15. Sistem yang menjadi dasar klasifikasi karena hubungan
kekerabatan oleh banyaknya persamaan morfologi adalah ...
A. Sistem ekosistem
B. Sistem taksonomi
C. Sistem artifisial
D. Sistem buatan
E. Sistem alamiah
Pembahasan : Sistem alamiah adalah sistem yang didalamnya persamaan bentuk yang terlihat (morfologi) merupakan dasar dari klasifikasi.
Pembahasan : Sistem alamiah adalah sistem yang didalamnya persamaan bentuk yang terlihat (morfologi) merupakan dasar dari klasifikasi.
No comments:
Post a Comment