Friday 3 April 2015

Indikator 1: Menjelaskan objek dan permasalahan biologi


          Biologi sebagai ilmu pengetahuan, memiliki beberapa objek kajian yang meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, baik yang terlihat oleh mata telanjang maupun dengan bantuan alat (Mikroskop). Tingkatan organisasi dalam kehidupan yaitu:

1.Molekul
Beberapa molekul yang dikaji pada ilmu biologi yaitu protein, karbohidrat, lipid (lemak), dan asam nukleat.

2. Sel
Kesatuan struktur dan fungsional terkecil dari mahkluk hidup. Cakupannya membran plasma, organel dan inti, termasuk sel pada organisme uniseluler dan multiseluler.

3. Jaringan
Kumpulan sel yang sejenis, memiliki bentuk, ukuran, dan fungsi sel yang sama. Pada tumbuhan jaringannya ada jaringan parenkim, penguat, pengangkut, pelindung. Sedangkan pada hewan ada jaringan epitel, otot, saraf, dan  ikat.

4. Organ
Kumpulan dari berbagai jaringan yang berbeda yang membentuk sebuah struktur dan berfungsi untuk mendukung sistem tertentu. contohnya adalah jantung, paru-paru, mata, dsb.

5. Sistem organ
Kumpulan organ-organ yang menjalankan sistem tertentu. Sistem organ yang dapat dijumpai pada manusia adalah sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem koordinasi, sistem ekskresi, sistem reproduksi, sistem gerak, sistem pernafasan, sistem kekebalan tubuh.

6. Individu/organisme
Unit tunggal organisme yang berada di lingkungan meliputi mahkluk hidup uniseluler atau multiseluler yang terdiri dari kumpulan berbagai sistem organ.

7. Populasi
Kumpulan individu sejenis. pada istilah ini tidak akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi ataupun ada interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

8. Komunitas
Kumpulan berbagai macam individu pada suatu area. Areanya bisa sawah, sungai, danau, laut dsb. Jadi jika ada kata kunci lokasi di dalam lingkungan merupakan indikator yang mengacu pada istilah komunitas. pada istilah ini akan ada kata kunci yang menyebutkan lokasi dan tidak ada istilah interaksi baik antar biotik maupun dengan abiotiknya.

9.  Ekosistem
Interaksi yang terjadi di dalam lingkungan, baik itu interaksi: antar faktor biotik, antar faktor abiotik ataupun antar faktor biotik dan abiotik.           

10. Bioma
Suatu areal lingkungan yang luas dengan tumbuhan dominan tertentu. diantaranya adalah
1. Bioma hutan hujan tropis..
2. Bioma gurun.
3. Bioma tundra
4. Bioma taiga
5. Bioma Savana
6. Bioma Stepa

Selain itu karena Biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar. Karena luasnya bahan kajian biologi, biologi dibagi lagi menjadi cabang-cabang ilmu. Beberapa cabang-cabang ilmu biologi antara lain :
1.    Zoologi, ilmu yang mempelajari tentang hewan
2.    Botani, Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
3.    Fisiologi, Ilmu yang mempelajari tentang faal/fungsi kerja tubuh
4.    Anatomi atau ilmu urai tubuh, ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tubuh
5.    Genetika, ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
6.    Mikrobiologi, ilmu yang mempelajari tentang organism
7.    Bakteriologi, ilmu yang mempelajari tentang bakteri
8.    Mikologi, ilmu yang mempelajari tentang jamur
9.    Evolusi, ilmu yang mempelajari perubahan makhluk hidup dalam jangka panjang.
10.  Biologi Molekuler, kajian biologi pada tingkat molekul
11.  Rekayasa Genetika, ilmu yang mempelajari tentang manipulasi sifat genetic
12.  Ekologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik/interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya
13.  Taksonomi, ilmu yang mempelajari tentang sistematika makhluk hidup
14.  Ikhtiologi, Ilmu yang mempelajari tentang ikan
15.  Malakologi, ilmu yang mempelajari tentang moluska
16.  Terratologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari kelainan atau cacat embrio dalam masa kandungan
17.  Ornitologi, ilmu yang mempelajari tentang burung
18.  Entomologi, Ilmu yang mempelajari tentang serangga
19.  Protozoologi, ilmu yang mempelajari tentang protozoa
20.  Limnologi, ilmu yang mempelajari tentang perairan air tawar
21.  Embriologi, ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio
22.  Patologi, ilmu yang mempelajari tentang penyakit
23.  Endokrinologi, ilmu yang mempelajari tentang hormone
24.  Sitologi, ilmu yang mempelajari tentang sel
25.  Histologi, ilmu yang mempelajari tentang jaringan
26.  Organologi, ilmu yang mempelajari tentang organ
27.  Morfologi, ilmu yang mempelajari tentang bentuk atau ciri luar organism
28.  Enzimologi, ilmu yang mempelajari tentang enzim
29.  Virologi, ilmu yang mempelajari tentang virus


Dibawah ini ada link bio buat kalian yang ingin menggali lagi informasi tentang indikator ini:
Check this out:




Contoh soal:

1.  Kumpulan beberapa organ yang memiliki fungsi dan tugas saling berkaitan dinamakan ….
A. jaringan                   B. individu
B. populasi                   D. sistem organ
E. komunitas

Pembahasan: Organ-organ saling berkaitan dan memiliki fungsi, hal tersebut disebut dengan sistem organ

2.    Sekumpulan siswa sedang melakukan pengamatan burung. Cabang Biologi yang berperan adalah ….
A. Ornitologi              B. Bakteriologi
C. Zoologi                  D. Virologi
E. Mikrobiologi

Pembahasan: Cabang biologi ornitologi mempelajari mengenai burung

3.  Kumpulan semut di rumah Andi memiliki seekor ratu. Seekor ratu semut tersebut disebut ….
A. populasi                  B. komunitas
C. individu                  D. ekosistem
E. satu populasi

Pembahasan: Semut-semut merupakan suatu populasi, seekor ratu adalah individu.

4.  Hutan di Indonesia, merupakan salah satu bioma yang khas, yaitu bioma ….
A. tundra                     B. hutan hujan tropis
C. padang rumput        D. gurun
E. taiga

Pembahasan: Bioma ada 6 yaitu:         1. Bioma hutan hujan tropis..
2. Bioma gurun.
3. Bioma tundra
4. Bioma taiga
5. Bioma Savana
6. Bioma Stepa


5.    Berdasarkan struktur dan fungsinya, Amoeba termasuk organisasi kehidupan tingkat ….
A. sel                           B. jaringan
C. organ                      D. organel
E. sistem organ

Pembahasan: Tingkat sel mempelajari amoeba sebagai salah satu organisasi kehidupan

6.    Berikut adalah urutan dalam kerja ilmiah :
1)      Eksperimen
2)      Merumuskan masalah
3)      Mengajukan hipotesis
4)      Observasi
5)      Kesimpulan
Urutan kerja ilmiah yang benar adalah ….
A.      1 – 2 – 3 – 4 - 5
B.      2 – 1 – 3 – 4 - 5
C.      3 – 4 – 2 – 1 - 5
D.      4 – 2 – 3 – 1 – 5
E.       4 – 3 – 2 – 1 – 5

Pembahasan: Observasi – merumuskan masalah – mengajukan hipotesis – eksperimen – kesimpulan merupakan urutan kerja ilmiah yang paling tepat

7.    Penggunaan ilmu biologi dalam teknologi cloning merupakan permasalahan biologi yang dikaji pada kelompok ….
                  A.      Genetika
                  B.      Tingkah laku
                  C.      Evolusi
                  D.      Sejarah
                  E.       Keanekaragaman makhluk hidup

Pembahasan: Rekayasa genetika merupakan kelompok pembelajaran yang mempelajari penggunaan bioteknologi seperti cloning.

8.    Seorang dokter melakukan transplantasi ginjal pada penderita gagal ginjal. Ginjal dipelajari dalam organisasi kehidupan ditingkat…
A.      Sel
B.      Organ
C.      Jaringan
D.      Sistem organ
E.       Individu

Pembahasan: Organ merupakan tingkat permasalahan biologi yang membahas organ-organ seperti pankreas, ginjal, hati, dan lainnya.

9.    Peningkatan jumlah kendaraan bermotor dapat memicu terjadinya pemanasan global. Pemanasan global merupakan permasalahan biologi ditingkat…
A.    Individu
B.     Populasi
C.     Komunitas
D.    Ekosistem
E.     Biosfer
     
Pembahasan: Biosfer merupakan tingkat permasalahan biologi yang membahas pemanasan global.

10.  Perhatikan hierarki organisasi makhluk hidup berikut !
1.      komunitas
2.      individu
3.      populasi
4.      ekosistem
5.      bioma
Urutan hirarki organisasi makhluk hidup dari tingkat paling rendah ketingkat yang paling tinggi adalah…
A.    2 – 1 – 3 – 5 – 4
B.     2 – 3 – 1 – 4 – 5
C.     2 – 3 – 5 – 4 – 1
D.    2 – 4 – 3 – 5 – 1
E.     3 – 2 – 1 – 4 – 5

Pembahasan: Ururtan hierarki yang benar adalah individu – populasi – komunitas – ekosistem - bioma

11. Ilmu apa yang mempelajari tentang penularan penyakit?

A. Entomologi
B. Endokrinologi
C. Epidemiologi
D. Fisiologi
E. Farmakologi

Pembahasan :  Entomologi : Ilmu yang mempelajari tentang serangga.
Endokrinologi : Ilmu yang mempelajari tentang hormon.
Fisiologi : Ilmu yang mempelajari tentang faal (fungsi kerja) organ tubuh.
Farmakologi : Ilmu yang mempelajari tentang obat-obatan.

12. Berikut ini merupakan ciri-ciri umum protozoa, kecuali...
A. Uniseluler
B. Reproduksi seksual
C. Reproduksi aseksual
D. Habitatnya di tempat kering
E. Dapat membuat kista

Pembahasan : Protista dapat hidup di tempat yang basah/berair.
           
13. Penyakit AIDS ditimbulkan oleh virus ....
A. Herpesviridae
B. Adenoviridae
C. Caliciviridae
D. Myxoviridae
E. Retroviridae

Pembahasan : Herpesviridae : menginfeksi mulut dan kelamin
Adenoviridae : menginfeksi usus dan alat pernapasan
Caliciviridae : Hepatitis D
Myxoviridae : Influenza

14. Bagaimana urutan yang betul dari sistem binominal nomenclature?
A. Kelas – Ordo
B. Ordo – Species
C. Famili – Genus
D. Genus – Famili
E. Genus – Species

Pembahasan : Sistem binominal nomenclature dimulai dengan kata depan nya yaitu nama marga (genus) lalu kata belakangnya merupakan nama penunjuk spesies (species epithet).

15. Sistem yang menjadi dasar klasifikasi karena hubungan kekerabatan oleh banyaknya persamaan morfologi adalah ...
A. Sistem ekosistem
B. Sistem taksonomi
C. Sistem artifisial
D. Sistem buatan
E. Sistem alamiah

Pembahasan : Sistem alamiah adalah sistem yang didalamnya persamaan bentuk yang terlihat (morfologi) merupakan dasar dari klasifikasi.

No comments:

Post a Comment